Desa Sebagai Pusat Pelatihan Keterampilan

b14

BLORA – Pelatihan keterampilan tak hanya diselenggarakan di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja di Kota Blora saja. Dinas yang dipimpin Suryanto itu kembali akan mengepakkan sayapnya dengan menggelar pelatihan keterampilan ke desa-desa.
‘’Terutama desa-desa yang lokasinya cukup jauh dari wilayah perkotaan di kecamatan,’’ ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora, Suryanto, Rabu (22/3).
Dia mengungkapkan, pelatihan keterampilan di desa-desa itu sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Program tersebut kembali akan dilaksanakan tahun ini.
‘’Jadwal pelatihan keterampilan di desa-desa sudah kami susun,’’ tandas Suryanto yang juga mantan kepala staf ahli bupati ini.

Suryanto menyatakan, pelatihan di desa-desa lebih ditujukan kepada remaja putri dan ibu-ibu rumah tangga. Jenis keterampilan yang diajarkan pun disesuaikan dengan kondisi mereka, yakni keterampilan menjahit dan border.
Apalagi, kata dia, BLK selama ini rutin setiap tahun menggelar pelatihan keterampilan di gedung BLK. Peserta pelatihan itu beragam, putra dan putri.
Adapun jenis pelatihan yang diajarkan di BLK diantaranya keterampilan menjahit, bordir, las, otomotif dan reparasi handphone.
‘’Pelatihan keterampilan di desa-desa untuk pemerataan sekaligus menumbuhkembangkan semangat berwirausaha di masyarakat,’’ kata Suryanto yang masih betah menyendiri hingga kini.
Dia pun berharap, pelatihan keterampilan di desa itu bisa ditindaklanjuti oleh dinas terkait lainnya. Menurutnya, warga yang sudah memiliki keterampilan dan merintis usaha selayaknya mendapatkan bantuan permodalan.
‘’Kami bertekad menjadikan BLK Blora sebagai ‘’dapur’’ yang menghasilkan calon tenaga kerja terampil,’’ tandas Suryanto.(Endah/AM)

sumber : tabloidinfoku

  • 19 Agustus 2018
  • | Categories: Berita