Desa pelosok menjadi sasaran pelatihan kerja Diperinnaker Blora

b18

Blora, InfoPublik – Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora Drs. Suryanto, MSi mengemukakan, pelatihan keterampilan kerja, kini tak hanya diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja di Kota Blora, melainkan juga di desa-desa.

‘’Terutama desa-desa yang lokasinya cukup jauh dari wilayah perkotaan di kecamatan. Hal ini diharapkan bemanfaat bagi warga sekitar,’’ ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora, Suryanto, di Blora, Selasa (21/3).

Dia mengungkapkan, pelatihan keterampilan di desa-desa itu sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dan program tersebut kembali akan dilaksanakan tahun ini.

‘’Jadwal pelatihan keterampilan di desa-desa sudah kami susun,’’ tandas.

Suryanto menyatakan, pelatihan di desa-desa ditujukan kepada remaja putri dan ibu-ibu rumah tangga. Jenis keterampilan yang diajarkan pun disesuaikan dengan kondisi mereka, yakni keterampilan menjahit dan border.

Apalagi, kata dia, BLK selama ini rutin menggelar pelatihan keterampilan di gedung BLK. Peserta pelatihan itu beragam, putra dan putri. Adapun jenis pelatihan yang diajarkan di BLK di antaranya keterampilan menjahit, bordir, las, otomotif dan reparasi ponsel.

‘’Pelatihan keterampilan di desa-desa untuk pemerataan sekaligus menumbuhkembangkan semangat berwirausaha di masyarakat,’’ kata Suryanto.

Dia pun berharap, pelatihan keterampilan di desa itu bisa ditindaklanjuti oleh dinas terkait lainnya.

Menurutnya, warga yang sudah memiliki keterampilan dan merintis usaha selayaknya mendapatkan bantuan permodalan.

‘’Kami bertekad menjadikan BLK Blora sebagai dapur yang menghasilkan calon tenaga kerja terampil,’’ tandas Suryanto.

Saat ini ada sejumah 32 warga yang dilatih keterampilan menjahit dan tata boga di BLK Blora. (MC Kab Blora/Teguh/Kus)

Sumber : infopublik.id

  • 19 Agustus 2018
  • | Categories: Berita